Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan di Klinik Bersalin

Table of Contents

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan merupakan surat lamaran yang akan saya bagikan pada kesempatan ini untuk anda, khususnya yang berencana ingin melamar pekerjaan sebagai bidan di klinik bersalin, rumah sakit, BPM, Puskesmas dan lain sebagainya.

Tahukah anda bahwa pekerjaan sebagai bidan semakin hari semakin dibutuhkan beberapa tahun belakangan ini. Hal ini bisa kita lihat dengan terus bertambahnya pembangunan rumah sakit, puskesmas maupun klinik bersalin di Indonesia.

Jika kita lihat secara mendalam, bahwa pekerjaan seorang bidan memang sangatlah penting, karena bidan sangat bermanfaat dalam melakukan penyuluhan, bimbingan kepada setiap individu, keluarga serta masyarakat dalam melakukan asuhan kebidanan sebagai proses kehamilan normal serta juga untuk merawat kesehatan Ibu selama masa menyusui dan setelah melahirkan.

Nah oleh sebab itu, jika anda adalah lulusan ilmu kebidanan, maka mendapatkan sebuah pekerjaan sebagai seorang bidan tentunya sudah menjadi keinginan anda.

Pada umumnya cara melamar kerja sebagai bidan sama saja dengan melamar jenis pekerjaan lainnya. Dimana pada saat mengajukan lamaran pekerjaan sebagai bidan, anda dituntut untuk membuat surat lamaran pekerjaan bidan.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bidan Yang Baik dan Benar


Nah jika anda saat ini sedang mencari referensi cara membuat surat lamaran kerja bidan yang baik dan benar, maka anda patut mengetahui beberapa hal berikut ini supaya lamarana anda diterima.

1. Jangan Menulis Surat Lamaran yang sama dengan CV
Tips membuat surat lamaran kerja bidan yang baik dan benar pertama ialah dengan tidak menulis surat lamaran pekerjaan yang sama dengan CV. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika anda membuat surat lamaran pekerjaan bidan dan CV yang maka akan double.

Jika hal ini tetap saja anda lakukan, maka bisa dipastikan staf rumah sakit, puskesmas atau klinik bersalin tempat anda melamar akan malas membaca surat lamaran pekerjaan anda, apalagi mau mempertimbangkan surat lamaran kerja anda. Maka dari itu, jangan membuat surat lamaran kerja sama dengan CV anda.

2. Cantumkan Kemampuan serta Bakat anda di CV
Tips membuat surat lamaran kerja bidan selanjutnya ialah dengan mencantumkan kemampuan serta bakat anda ke dalam CV lamaran kerja yang anda buat. Hal ini penting untuk anda lakukan karena pekerjaan seorang bidan membutuhkan kemampuan dan bakat khusus.

Oleh karena itu, pada saat anda membuat surat lamaran pekerjaan bidan, jangan lupa untuk menuliskan kemampuan dan bakat yang anda miliki pada CV lamaran kerja, hal ini akan membuat staf HRD mau mempertimbangkan untuk menerima surat lamaran kerja anda.

3. Jangan Terlalu Menjual Harga Diri Anda
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bidan yang baik dan benar supaya bisa diterima berikutnya adalah jangan terlalu menjual harga diri anda ke rumah sakit, puskesmas atau klinik bersalin tempat anda melamar. Jika anda melakukan hal tersebut, maka besar kemungkinan anda akan susah mendapatkan pekerjaan tersebut. Alih-alih bisa diterima kerja, justru surat lamaran pekerjaan yang anda buat akan dibuang ke tempat sampah.

4. Cantumkan Prestasi yang Pernah Anda raih (apabila ada)
Tips membuat surat lamaran kerja bidan yang terakhir ialah dengan menuliskan prestasi yang pernah anda raih ke dalam surat lamaran kerja yang anda buat. Cara ini juga merupakan salah satu langkah yang sangat menentukan supaya surat lamaran pekerjaan yang anda kirimkan bisa dilirik oleh staf HRD.

Nah oleh sebab itu, jika anda memang memiliki prestasi maka tidak ada salahnya untuk mencantumkan ke CV lamaran kerja yang anda buat. Sebagai contoh jika anda pernah mengikuti dalam organisasi Palang Merah Indonesia (PMI), maka silahkan cantumkan ke dalam surat lamaran kerja ataupun CV yang anda buat.

Penjelasan singkat diatas sudah mengajarkan bagaimana tips cara membuat surat lamaran kerja bidan yang baik dan benar supaya surat lamaran pekerjaan yang diajukan bisa diterima oleh pihak rumah sakit, puskesmas ataupun klinik bersalin tempat anda melamar. Namun supaya lebih jelas bagaimana format surat lamaran kerja bidan, dibawah ini sudah saya siapkan beberapa contohnya untuk anda, mari langsung sajakita simak.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan di Klinik Bersalin


Samarinda, 8 Agustus 2018

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Personalia
Klinik Bersalin Herawati
Karang Asam Ulu, Sungai Kunjang
Kota Samarinda

Dengan hormat,
Sesuai dengan pengembangan dan kemajuan klinik bersalin Herawati, saya yakin di perlukan banyak tenaga ahli dan profesional untuk menunjang kelangsungannya. Maka sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri sebagai tenaga bidan di klinik bersalin Herawati yang Ibu Pimpin.

Berikut data singkat saya:

Nama                         : Dina Yolani
Tempat, Tgl. Lahir    : Samarinda, 15 Agustus 1996
Pendidikan Akhir     : D3 Kebidanan
Alamat                       : Jln. Melati No. 79 Samarinda
No. Hanphone          : 0852 6672 0084
Status Perkawinan  : Belum Kawin

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan memiliki kemampuan manajemen yang baik. Saya juga dapat mengoperasikan komputer dengan baik dan memiliki latar belakang pendidikan yang sangat memuaskan.

Sebagai bahan pertimbangan Ibu, saya lampirkan beberapa dokumen berikut ini:

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Fotocopy Ijazah Diploma III Kebidanan;
3. Fotocopy Transkrip Nilai;
4. Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR);
5. Fotocopy sertifikat pelatihan;
6. Fotocopy KTP;
7. Foto Berwarna ukuran 3x4 2 lembar.

Demikian permohonan ini saya ajukan, atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Dina Yolani

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan di Rumah Sakit


Medan, 8 Agustus 2018

Kepada Yth.
Manager HRD RS Siloam Dhirga Surya
Jl. Imam Bonjol No. 6
Kota Medan

Dengan hormat,
Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan bergabung di Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya Kota Medan sebagai tenaga bidan. Dan saya berjanji akan bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan keahlian yang saya miliki baik dalam satu tim maupun perseorangan.

Berikut ini adalah data pribadi saya :

Nama                          : Nurul Fadhilah
Tempat, Tgl. Lahir     : Medan, 5 Agustus 1995
Alamat                        : Jln. Cendana No. 50 Kota Medan
No. HP                        : 0877 5004 5440
Status                         : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : D3 Kebidanan

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan berkas berikut ini :

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Fotocopy Ijazah D3 Kebidanan;
3. Fotocopy Transkrip Nilai;
4. Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR);
5. Fotocopy KTP;
6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
7. Foto Berwarna Ukuran 4x6 2 lembar

Demikian surat permohonan ini saya ajukan, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Nurul Fadhilah

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan di Puskesmas


Medan, 8 Agustus 2018

Perihal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan
Puskesmas Medan Johor
Di Tempat

Dengan hormat,
Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan bergabung di Puskesmas Medan Johor ini sebagai tenaga bidan. Dan saya berjanji akan bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan keahlian yang saya miliki sehingga dapat meningkatkan kualitas Puskesmas Medan Johor ini menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah data pribadi saya :

Nama                          : Wilda Nasution
Tempat, Tgl. Lahir     : Medan, 13 Agustus 1996
Alamat                        : Jln. Kenari No. 67 Kota Medan
No. HP                        : 087811089736
Status                         : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : D3 Kebidanan

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan beberapa dokumen pendukung di bawah ini :

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Fotocopy Ijazah D3 Kebidanan;
3. Fotocopy Transkrip Nilai;
4. Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR);
5. Fotocopy KTP;
6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
7. Foto Berwarna Ukuran 4x6 3 lembar.

Saya berharap agar dapat menjadi salah satu kandidat untuk mengisi pekerjaan tersebut, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Wilda Nasution

Itulah 3 Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan yang Baik dan Benar yang bisa saya share kali ini. Mudah-mudah contoh lamaran pekerjaan sebagai bidan ini bisa anda jadikan bahan rujukan bagi anda yang sedang mencari contoh membuat surat lamaran pekerjaan bidan.

Jika contoh di atas ingin anda gunakan untuk melamar pekerjaan sebagai bidan di rumah sakit, puskesmas ataupun di klinik bersalin. Maka silahkan diubah terlebih dahulu identitas yang ada di dalam surat maupun alamat sesuai dengan diri anda.

Sebagai bentuk dukungan anda kepada Portal Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru 2018 ini, maka silahkan share Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan ini melalui tombol di bawah kepada teman-teman yang lain. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga anda diterima bekerja sebagai bidan di tempat anda melamar.

Post a Comment